Desain Celengan Bagus

Desain Celengan

Related image
Celengan merupakan nama umum untuk kotak akumulasi atau penabungan koin. Umumnya, celengan digunakan oleh anak-anak. Celengan biasanya terbuat dari keramik atau porselen. Celengan bertujuan untuk mengajarkan kepada anak untuk menabung. Pada celengan tradisional, uang dapat dengan mudah dimasukkan, namun jika ingin mengambil uangnya, celengan tersebut harus dipecahkan. Tapi celengan modern memiliki lubang karet pada bagian bawahnya, untuk memudahkan dalam mengambil uang yang disimpan dalam celengan tersebut.

Sejarah

Kata Celengan sebenarnya berasal dari Nama binatang Celeng, karena bentuk Celengan memang banyak yang berbentuk Celeng, tetapi dalam perkembangannya bentuk celengan bermacam ragam dan tidak terbatas pada bentuk hewan-hewan saja.

Cara Membuat celengan 
Menggunakan Wadah Makanan Plastik
  1. 1
    Carilah wadah makanan plastik dilengkapi tutup yang cocok untuk Anda. Untuk tujuan tertentu, gunakan wadah yang cukup besar dan kokoh yang juga dilengkapi tutup plastik, seperti kaleng kacang.
    • Kosongkan isi wadah.
    • Cuci dan keringkan bagian dalam wadah.
  2. 2
    Lepaskan tutup wadah dan baringkan dalam posisi terbalik di atas alas potong. Pastikan tutup wadah terbaring datar di atas alas potong agar stabil.[1]
    • Carilah koin terbesar yang Anda miliki (misalnya koin lima ratus perak). Dengan menggunakan koin sebagai panduan, gambarlah garis besar untuk lubang dengan spidol biasa atau spidol permanen
  3. 3
    Potonglah lubang pada tutup. Menggunakan garis yang Anda gambar, potonglah lubang untuk memasukkan koin menggunakan pisau kerajinan tangan.[2]
    • Berhati-hatilah saat menggunakan pisau kerajinan tangan, karena benda itu cukup tajam.
    • Jika anak-anak melakukan proyek ini, lakukan langkah ini untuk mereka.
  4. 4
    Ujilah lubang koin. Dengan menggunakan koin yang sama, ujilah lubang koin yang Anda potong di tutup wadah untuk memastikan lubang cukup besar.
    • Jika lubang terlalu kecil, gunakan pisau dengan hati-hati untuk memotong tepi lubang sampai ukurannya tepat.
  5. 5
    Ukurlah wadah tersebut. Dengan menggunakan pita tali atau pita pengukur fleksibel, ukurlah wadah sehingga Anda dapat membungkusnya dengan ukuran kertas atau kain yang tepat.
    • Ukurlah keliling wadah, tulis hasil pengukuran, lalu tambahkan satu atau dua sentimeter agar dapat ditindih.[3]
    • Ukur ketinggian wadah dan tulislah hasil pengukuran.
      6
  6. 6.Pilihlah kertas atau kain yang akan Anda gunakan untuk membungkus wadah. Inilah yang akan mengubah kaleng dari wadah makanan membosankan menjadi celengan pribadi yang menarik.
    • Pilih atau potonglah selembar kertas atau kain yang cukup besar untuk membungkus seluruh permukaan wadah.
    • Letakkan kertas atau kain dalam posisi terbalik di di atas alas potong.
  7. 7
    Gambarlah garis dimensi wadah. Dengan menggunakan ukuran tinggi dan keliling yang telah Anda tulis, gunakan penggaris untuk menggambar persegi panjang berukuran sama.
    • Gunakan keliling (termasuk satu atau dua sentimeter tambahan) sebagai lebar persegi panjang.

  8. 8.Potonglah persegi panjang tersebut. Setelah menggambar persegi panjang, potonglah kertas atau kain sesuai dengan garis panduan.[4]
    • Setelah persegi panjang dipotong, balutlah di sekitar wadah untuk memastikan telah sesuai. Jika terlalu besar, potonglah hingga pas. Jika terlalu kecil, mulailah lagi dengan kertas atau kain baru.
  9. 9
    Tambahkan dekorasi tulisan atau gambar yang ingin Anda sertakan. Sebelum menempelkan kertas atau kain pada wadah, hamparkan dengan sisi luar di atas, lalu tulis atau gambarlah dekorasi yang ingin Anda gunakan.
    • Secara signifikan, akan lebih mudah melakukan langkah ini saat kertas atau kain terbaring datar daripada saat sudah menempel di wadah.
  10. 10
    Bungkuslah kertas atau kain di sekitar wadah, lalu amankan. Bila Anda telah selesai menambahkan dekorasi tulisan atau gambar yang diinginkan, balikkan kertas atau kain.
    • Oleskan lapisan tipis lem di atas seluruh bagian belakang.
    • Dengan perlahan dan hati-hati, bungkuslah kertas atau kain di sekitar wadah, ratakan dengan tangan selagi Anda melakukannya.
    • Kertas atau kain idealnya harus tumpang tindih, tetapi jika tidak dan sebagian kecil permukaan wadah terlihat, tutupilah dengan pita, sepotong kertas berwarna, atau hiasan lainnya.
    • 11
  11. Tambahkan dekorasi lain yang Anda inginkan. Setelah kertas atau kain menempel, tambahkan dekorasi lain yang mungkin Anda inginkan.
    • Pada tahap ini, Anda dapat menambahkan dekorasi seperti kancing, pita, perhiasan, dll. Gunakan lem panas untuk dekorasi berat karena lem biasa tidak akan bisa menempelkannya.
  12. 12
    Tempatkan tutup wadah. Akhirnya, pasanglah tutup dengan lubang koin pada wadah.
    • Ketika lem kering, celengan Anda siap untuk digunakan.

Comments